CARA MENGHILANGKAN LAPISAN MINYAK YANG LENGKET DAN MEMBANDEL ALA NISSAN SURABAYA

Banyak faktor yang menyebabkan lapisan minyak menempel di permukaan kabin mobil. Salah satunya berasal dari keringat yang diproduksi tubuh kita dan sulit dihindari. Terutama pada telapak tangan.
Padahal, telapak tangan digunakan untuk memegang dan mengoperasikan berbagai perangkat. Sebut saja setir, tuas transmisi, tombol kontrol di tengah dasbor, dan panel pintu.
Namun lapisan minyak tidak hanya ditimbulkan oleh keringat. Makanan juga berpotensi sebagai carrier, apalagi yang digoreng. Cara paling mudah mengurangi risiko minyak mengotori kabin adalah dengan menggunakan tisu saat memegang makanan. Langsung keringkan tangan setelah selesai makan.
Tidak 100% efektif, tapi bisa mengurangi. Sebaiknya sediakan tempat sampah untuk membuang tisu. Tapi bagaimana jika noda minyak terlanjur melekat di permukaan kabin mobil?
Yang perlu dipahami adalah material yang dipakai untuk panel interior. Secara garis besar terdiri dari fabric, kulit, vinyl, plastik, kayu, dan panel mengilap seperti krom. Masing-masing memiliki teknik penanganan sendiri.

FABRIC Lapisan ini adalah serat kain atau fiber yang ditenun. Karena ditenun, bahan fabric memiliki pori-pori cukup besar sehingga mudah menyerap cairan yang menempel.
“Bahan ini memiliki sifat mudah menyerap kotoran. Untuk itu perlu segera ditangani jika kotor. Bila dibiarkan lama akan makin sulit penanganannya.
Cara sederhana membersihkan bahan fabric kala darurat adalah dengan menyeka area yang terkena minyak dengan tisu. Beri tekanan agar minyak diserap kain tisu. Cara ini paling tidak mengurangi noda minyak.
Untuk lebih mendetail, cairan interior cleaner dapat dipakai membersihkan bahan sintesis ini. Gunakan sikat nylon halus untuk membersihkan noda minyak. Bagian yang telah dibersihkan selanjutnya diseka dengan lap untuk menghilangkan sisa kotoran.
Dalam keluarga bahan fabric terdapat jenis kain beledu. Kain jenis ini butuh penanganan lebih spesifik. Pastikan gerakan menyikat hanya satu arah mengikuti arah bulu halus kain tersebut. Jangan berlawanan arah karena akan merontokkannya.

KULIT Saat ini bahan kulit banyak menggantikan fabric lantaran membuat kabin tampak lebih mewah. Apalagi sekarang tersedia pelapis jok dan dasbor berbahan kulit sintesis dengan harga lebih terjangkau.
Karena lebih mudah dibersihkan, Anda bisa langsung menyeka noda minyak yang menempel dengan memakai lap kain kering. Jika sulit, gunakan bantuan air hangat. Segera keringkan agar tidak berbekas.
Kalau ternyata noda minyak tetap membandel, aplikasikan leather cleaner. Proses pengerjaannya serupa dengan fabric, tapi sikat halus diganti kain lap bersih. Gunakan leather conditioner untuk perawatan. Selain mengawetkan, ia juga membuat kulit mudah dibersihkan.

VINYL Sepintas mirip plastik, hanya permukaannya lebih lunak ditekan. Karena empuk, bahan ini banyak digunakan sebagai pelapis setir dan tuas transmisi. Untuk mobil mewah posisinya digantikan bahan kulit.

Suka atau tidak, bahan vinyl di setir menjadi bagian dari interior yang paling cepat kotor oleh minyak karena kerap digenggam pengemudi.
Makanya, saat membersihkan mobil, usahakan selalu mengelap setir. Seka dulu dengan kain lap agak basah. Bisa ditambah dengan interior cleaner. Selanjutnya langsung keringkan dengan kain mikrofiber.
Tak perlu bahan perawatan khusus karena justru akan membuat setir menjadi licin. Kondisi ini berlaku untuk apapun bahan pelapis setir mobil.
Bagaimana dengan bahan vinyl di bagian lain? Sama dengan kulit, pori-porinya tak sebesar fabric, bahanvinyl tak terlalu sulit dibersihkan. Pengerjaannya pun mudah.

 

PLASTIK Demi mengurangi biaya produksi, bahan plastik digunakan. Paling banyak ada di dasbor dan panel pintu. Lapisan plastik tidak sulit dibersihkan. Lap dengan kain agak basah dan seka dengan kain mikrofiber, noda minyak akan terangkat.
Namun jangan biarkan noda minyak menempel terlalu lama, apalagi di area yang terkena sinar matahari langsung. Berpadu dengan pancaran sinar matahari yang mengandung ultra violet, noda akan sulit dihilangkan. Dalam jangka waktu panjang akan membuat bagian tersebut kusam.

KAYU Untungnya permukaan material kayu telah diberi lapisan pelindung atau pernis. Jadi upaya membersihkan noda minyak lebih mudah. Gunakan tisu agak basah sebagai upaya awal. Segera seka dengan lap kain kering bersih.
Karena mengilap, panel kayu mudah terlihat kotor. Terutama oleh lapisan minyak bekas jari tangan. Jangan ragu untuk membersihkan selagi ada kesempatan. Jika tidak, akan meninggalkan bercak dan terlihat jorok.

BAHAN MENGILAP Banyak panel dasbor yang diberi warna mengilap agar tampak modern. Kendalanya sama dengan panel kayu. Terkena sedikit saja oleh jari tangan berminyak, akan langsung membekas.
Cara membersihkannya sama dengan bahan kayu. Perhatian lebih jika panel interior dilapisi bahan krom. Bahan ini mudah rusak karena oksidasi. Makanya, pastikan ia selalu kering dan jangan gunakan bahan kimia saat membersihkannya.

KACA Bercak minyak di kaca depan memang menjengkelkan. Hindari bahan kimia pembersih untuk melenyapkan, terutama yang menggunakan kaca film.
Bahan itu berisiko merusak lapisan kaca film. Cukup pakai kain mikrofiber. Saat membersihkan, lakukan gerakan searah. Pakai kain lap agak basah jika lapisan minyak sulit dihilangkan. Jangan lupa segera mengeringkannya agar tak menimbulkan bercak baru.
Mobil sekarang banyak menggunakan audio 2 DIN dengan layar sentuh. Area monitor touchscreenberbahan plastik bening tentu rentan kotor oleh lapisan minyak dari jari tangan. Karena sensitif, jangan gunakan bahan kimia atau air untuk membersihkan. Lakukan pembersihan ketika sistem audio nonaktif.
Kain mikrofiber menjadi alternatif paling memungkinkan untuk membersih­kannya dengan gerakan searah saat menyeka.