KONSUMSI BBM ALL NEW GRAND LIVINA TEMBUS 25,6 KM/LITER

new livina nissan-surabaya

Sebelumnya Kami telah membuktikan kelebihan pada tingkat kenyamanan, kali ini adalah pembuktian seberapa irit tingkat efisiensi bahan bakar All New Grand Livina.

Pengujian dilakukan dua kali mengelilingi sirkuit Sentul, terdapat 3 rintangan zig-zag yang diberikan di tiga tempat yang berbeda.  memilih untuk menggunakan All New Grand Livina bertransmisi manual lima kecepatan.

Metode berkendara yang digunakan adalah ECO driving. Kondisi sirkuit yang kosong memang tidak mencerminkan situasi perjalanan perkotaan yang sebenarnya, namun angka yang didapat setidaknya dapat menjadi referensi sampai sejauh mana tingkat keiritan All New Grand Livina. Dengan catatan semua kendaraan yang digunakan memakai bahan bakar Pertamax.

Penghitungan terakhir mengandalkan indikator MID (Multi Information Display), bukan menggunakan model penghitungan fuel to fuel. Saat perjalanan dimulai angka masih menunjukan 0 km/liter.

Masuk gigi satu perjalanan dimulai dengan perlahan, pedal gas ditekan lembut agar tenaga yang digunakan hanya secukupnya saja. Sama halnya di setiap pilihan transmisi, perpindahan hanya dilakukan saat jarum RPM menunjukan angka 1.500. Sampai di gigi 5 pertama tidak ada lagi pergantian gigi hingga finish.

Kecepatan rata-rata adalah 45 km/jam, sedangkan akselerasi maksimum berada di angka 50 km/jam. Kata kuncinya adalah konsistensi, mempertahankan kecepatan adalah yang tersulit karena sirkuit Sentul memiliki karakteristik tersendiri dengan banyaknya jumlah tikungan.

Hasil terakhir dalam dua putaran penuh, mobil All New Grand Livina yang dikendarai Okezone mencapai angka 25,0 kilometer per liternya, dan menjadi yang teririt untuk transmisi manual. Sedangkan di mobil lain yang menggunakan All New Grand Livina bertransmisi otomatis mencapai 25,6 km/liter.

Silahkan buktikan.

Sumber : http://autos.okezone.com/read/2013/05/21/52/810503/konsumsi-bbm-all-new-grand-livina-tembus-25-6-km-liter