Nissan Optimis Elgrand Bakal Salip Penjualan Alphard

Meski tak sekencang penjualan mobil low MPV, namun persaingan segmen premium MPV antara Nissan Elgrand dan Toyota Alphard menarik dicermati.Pasalnya, jika melihat data Gaikindo sejak Januari sampai April 2013, keduanya terlihat cukup laris. Yakni penjualan mobil Alphard dengan 274 unit. Sementara Elgrand mencapai 156 pada dua variannya yakni 2.5 AT dan 3.5 AT.

Hal ini menguatkan optimisme kubu Nissan untuk memimpin pasar di akhir tahun nanti. “Elgrand bakal meningkat tahun ini. Saya sudah punya rencana. Dalam 6 bulan kedepan, kita bisa lihat efeknya,” bangga Vice President Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Yoshiya Horigome pada Selasa (4/6).

Dirinya juga optimis jika penjualan Elgrand mampu mengejar Alphard. “Kita lihat di bulan Desember nanti,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Nissan membekali Elgrand versi terbaru ini dengan dua pilihan mesin dan sistem penggerak. Yakni, Mesin VQ35DE berkapasitas 3500 cc dan mesin QR25DE berkapasitas 2500 cc.  Kedua mesin ini juga dibekali sistem penggerak 2 roda atau two wheel drive, serta penggerak 4 roda atau all wheel drive.

Selain itu, seluruh tipe Elgrand juga dibekali transmisi  Xtronic CVT-M6 yang dilengkapi fungsi pembatasan kecepatan rendah, serta fitur wide range gear.  Selain itu, mobil ini juga mencangkok private theater sistem dengan surround sound 5.1, buatan tuner audio ternama, Bose.

Hebatnya, Elgrand juga dipasang monitor 11 inchi yang dapat disetel sudutnya. Penggunaan monitor ini diklaim Nissan sebagai yang pertama di dunia. Tahun 2012 lalu, di Indonesia Elgrand terjual 290 unit, sementara Alphard terjual 2.833 unit. (Mobil.otomotifnet.com )